Welcome To The Pasar Ikan Cikarang

Jumat, 14 Oktober 2016

MEMBASMI FORMALIN PADA IKAN ASIN

pasar ikan cikarang
IKAN ASIN 
Hy bunda,waspasda lah pada makanan yang menggunakan formalin, bunda jelih lah memilih makanan yang berbau ikan asin yang menggunakan formalin, nahh bunda harus tau ciri ikan asin yang ada formalinnya dan bunda juga harus tau caranya menghilangkan formalin dari ikan asin, caranya cebagai berikut:
Ini adalah suatu ciri ikan asin yang menggandung formalin:
  • Bahan makanan yang sudah terkena pengawet tidak lazim seperti formalin biasanya akan memiliki penampilan yang sempurna sehingga akan menarik minat pembeli.
  • Ikan asin yang sudah diberi formalin umumnya akan kehilangan aroma khas ikan asin yang biasanya tidak sedap. Pada beberapa kasus, ikan asin yang sudah diberi formalin malah tidak berbau sama sekali.
  • Formalin lazim digunakan sebagai pengawet mayat agar tubuh tidak hancur. Pada ikan asin, formalin akan membuat daging ikan menjadi keras dan susah diambil dengan tangan. Hal ini tentu berbeda dengan ikan asin tanpa formalin yang dagingnya rapuh dan mudah hancur.
  • Sesuai dengan kegunaan formalin, ikan asin yang sudah dicampuri dengan formalin akan sangat awet dan tidak mudah busuk, bahkan ketika hanya diletakan pada suhu ruangan. Daging ikan akan menjadi tidak kenyal.
  • Ikan asin biasanya beraroma menyengat dan mengundang lalat untuk datang. Namun biasanya ikan asin yang sudah diberi formalin tidak dihinggapi lalat karena lalat memiliki sensor yang peka terhadap zat-zat kimia.
CARA MEMBEDAKAN MEMBASMI FORMALIAN DARI IKAN ASIN
Ikan asin yang sudah terkontaminasi formalin tentu sangat berbahaya jika dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh. Apabila anda berniat untuk memasak ikan asin sendiri dirumah, tidak ada salahnya apabila ikan asin yang baru Anda beli itu direndam ke dalam larutan cuka dengan kadar 5% selama 15 menit. Cara menghilangkan formalin pada ikan asin sangat mudah sekali bukan. Setelah direndam selama kurang lebih 15 menit, Anda dapat mengolah ikan tersebut seperti biasa. Jika makanan sudah terkontaminasi oleh formalin, maka akan sulit untuk menghilangkannya 100%. Tapi paling tidak dengan caya yang kami sebutkan diatas, kadar formalin yang sudah menempel pada ikan asin tersebut dapat berkurang dengan drastis. Nahh iulah ulasan mengenai cara menghilangkan formalin pada ikan asin dengan mudah.
Terima kasih semoga bermanfaat bagi yang membacanya.
Jika anda butuh ikan dan lauk pauk, disini kami menyedikan berbagai macam jenis ikan air laut, air tawar dan ikan asin, dengan kondisi baik, bagus dan segar, yukk cek di website kami di http://www.pasarinduk.id/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar