Welcome To The Pasar Ikan Cikarang

Senin, 17 Oktober 2016

MENGENALI DAGING AYAM YANG MASIH SEGAR

pasar ikan cikarang
DAGING AYAM
Daging ayam, Untuk memilih daging ayam potong yang baik ada beberapa ciri yang harus diperhatikan. Yaitu daging memiliki warna putih keabuan dan cerah. Warna kulit ayam biasanya putih kekuning-kuningangan dan bersih. Jika disentuh, daging terasa lembab tidak lengket. Serat daging ayam halus, mudah dikunyah dan digiling, mudah dicerna, serta memiliki flavor lembut. Aroma daging ayam tidak menyengat, tidak berbau amis dan tidak busuk. Pembeli harus hati-hati ketika membeli daging ayam, karena berdasarkan berita yang beredar, dipasaran sering ditemukan daging AYAM TIREN (mati kemaren). Seringnya, ayam jenis ini dijual oleh “penjual nakal” dengan harga yang relatif lebih murah. Mau tau lebih jelas nya yukk simak bunda.
Memilih ayam segar
  1. Periksa Warna Ayam <> Pertama-tama, perhatikan warna daging. Hindari ayam yang berwarna pucat, mengkilap dan kebiru-biruan, karena seharusnya daging ayam yang segar berwarna putih keabu-abuan dan cerah atau cenderung berwarna merah muda. Jika ayam mengkilap dan tidak dihinggapi lalat, dapat dipastikan ayam tersebut mengandung formalin.
  2. Periksa Kemasan Ayam <> Jika Anda membeli di supermarket, Anda tetap harus berhati-hati. Ayam potong yang dijual di supermarket selalu dibungkus plastik dengan rapi. Apabila plastiknya tidak lagi rapat, itu artinya telah disentuh oleh banyak orang dan sudah cukup lama ada di tempat tersebut. Perlu dihindari karena mikroba dapat meresap ke dalam plastik, oleh karena itu sebaiknya Anda memilih ayam dengan bungkus plastik yang rapat.
  3. Hindari Darah Ayam <> Sebaiknya hindari ayam yang memiliki banyak darah, karena kondisi ayam tersebut memiliki beberapa indikasi, di antaranya: telah banyak disentuh oleh berbagai tangan, sehingga bakteri semakin banyak. Atau juga bisa berarti telah dibekukan atau dicairkan beberapa kali.
  4. Periksa Tekstur Daging Ayam <> Ayam yang baik dan segar, apabila ditekan, bentuknya akan kembali seperti semula, terasa empuk. Apabila kulit ayamnya tenggelam dan cenderung keras, itu artinya ayam tidak lagi segar dan tentu saja tidak baik dikonsumsi. Apabila terasa kenyal, maka ayam tersebut dipastikan mengandung formalin, dan ayam yang terlihat membengkak juga dapat dipastikan telah disuntik agar lebih berat daripada ukuran aslinya.
  5. Periksa Bau Ayam <> Ayam yang segar seharusnya tidak memiliki bau, sehingga Anda akan tahu apakah ayam tersebut masih segar atau tidak dari adanya bau busuk atau tidak. Jika ayam tersebut berbau bahan kimia, dapat dipastikan ayam tersebut mengandung formalin atau bahan kimia berbahaya lainnya.

Nahh Itu lah yang bisa bunda gunakan untuk membeli ayam yang segar, sehat dan aman. Untuk menyimpan ayam agar terjaga kesegarannya, Anda bisa menyimpan ayam dengan plastik dan melabeli ayam tersebut dengan tanggal pemeblian dan jangan lupa disimpan di freezer. Terima kasih semoga bermanfaat.
Jika anda butuh ikan dan lauk pauk, disini kami menyediakan berbagai macam jenis ikan , daging, dan lauk pauk. Dengan kondisi baik dan segar. Yukk cek di website kami di http://www.pasarinduk.id/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar